Rabu, 25 November 2015


Kali ini saya akan Membagikan Rangkaian untuk menambah keamanan motor pada kendaraan kesayangan kita, karna kita tak tau orang jahat dibelakang kita yang sedang mencari korban.

Rangkaian Pengaman yang saya bagikan gak lepas juga dari sebuah kelemahan, tapi tak ada salahnya jika mau di coba, yang penting niat sebagai antisipasi keamanan sudah kita tingkatkan,

Keamanan berfungsi bukan mencegah sang pencuri menggondol kendaraan kita, tapi hanya sebagai  pengulur waktu atau mempersulit kinerja yang disertai tanda alarm sehingga si pencuri kebingungan menggunakan motor kita sebagai mana layaknya.karna beda dari kendaraan yang lainya yang mungkin sudah biasa mereka gunakan.  Apalagi kalau alarmya aktif, mgkin si pencuri langsung gugup dan kocar kacir takut ketahuan orang yang di dekat motor kita karna tidak tau cara mematikan alarmya.

Monggo buat yang mau nyoba, sediakan dulu bahan-bahanya.
Gak usah takut mahal, karna akan lebih meminimalis pengeluaran dari pada harus beli yang udah jadi.

Cekidot.t.t.t.
Alat yang dibutuhkan.
    1. Relay  12 vol 8 kaki
    2. Dioda in4007 (2biji).
    3. Saklar biasa
    4. Spiker Klakson Tambahan Buat Alarm Aktif 

Cara Kerja Rangkaian yang saya bagikan berfungsi ketika kontak di on-kan atau daktifkan, maka secara otomatis klakson akan hidup dan motor gak bias nyala.

Karna pada dasarnya jalur kelistrikan yang seharusnya langsung mengaktikan Kunci kontak telah di cabangkan ke klakson tambahan, maka ketika kontak aktof, spiker klakson juga lgsung aktif, dan motor gak bisa nyala karna pada kaki relai yang satunya telah di pindah alihkan sebagai pemutus jalur kelistrikan pada CDI.

Motor akan Normal lagi ketika tombol rahasia kita tujukan ke rangkaian dan memindah alihkan jalur alarm ke kunci rangkaian, sehingga ketika tombol di lepas, rangkaian tetap aktif. Dan jalur kedua menyambungan kelistrikan CDI yang telah kita putus tadi sehingga Cdi bisa berfungsi seperti sedia kala,

Pada intinya: Kontak di on-kan, Alarm aktif sebagai pengecoh orang tak dikenal, dan motor gak bisa hidup.
Setelah tombol rahasia di aktifkan, rangkaian akan mematikan alarm dan mengaktifkan CDI.

Setelah Bahan-bahan diatas sudah di persiapkan. Makan tinggal kita rangkai seperti skema dibawah ini.



Arah jalur kabel yang ke tombol klakson bisa di pindah ke sein kiri atau kanan atau rem,
kalau biar saat kita idupin mesin alarm klakson kagak aktif, kita bisa masukan ke sein kiri atau kanan, dan sebelum kontak di onkan, sein kiri atau kanan di hidupkan dulu.
.
penambahan bahan saklar di letakan di kabel yang saya tanda X merah, sebagai antisipasi ketika aki dah KO jadi motor tetep bisa jalan,
.
Penggunaan Rangkaian ini tidak selalu membutuhkan daya, jadi jangan takut aki bakalan tekor,
dan Kode di butuhkan setiap pertama kali pengaktifan kontak saja.
Selamat Mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk teman teman semua,
Terimakasih............


Post      : Yudha Yn

1 komentar :